Selasa, 21 April 2020

Belajar via WhatsApp (bagian 1)


 Source
Sumber

Berapa banyak WhatsApp group yang anda ikuti? Puluhan? Ratusan? Mulai dari alumni sekolah hingga arisan paket buku atau smart hafidz. Dari obrolan politik, gosip staf milenial hingga aneka stiker lucu yang dikirim dengan wajah datar.

Sejak akhir Maret, saya memulai (lagi) grup Reading Habit. Ya, tujuannya sih simple aja. Mengajak orang-orang level pemula yang ingin belajar bahasa Inggris dengan membangun kebiasaan membaca. Fix. Ini grup tentang membaca ya.

Saya sebarlah tautan grup. Ratusan orang berminat. Saya kirim maksud, tujuan hingga peraturan grup. Tidak mengirim pesan selain tentang short story yang diunggah setiap hari. Tidak ada obrolan SARA. Untaian kata hikmah atau apalah. No more.

Sayangnya, riset tentang urutan Indonesia dalam literasi yang berada hampir posisi buncit, berbanding terbalik dengan urutan top 3 pengguna medsos di dunia. TOP 3 loh ini. Begitulah, hingga masih banyak yang mengirim selain konten belajar. You post other things, you are kicked out from the group.

Di grup Reading Habit ini, saya hanya meminta membaca cerita pendek. Membaca dan menemukan kata-kata sulit/baru (unfamiliar words). Kata-kata itu ditulis di buku catatan. DITULIS. BUKAN DIKETIK.

Hari-hari pertama masih ada yang rajin mengirim hasil pencarian kosakatanya. Tapi memasuki minggu kedua, hanya satu dua dari dua ratusan peserta. Ya, semoga yang lain tetap membaca dan menulis.

Hingga sampai pekan keempat, ada beberapa orang yang mengeluh kok grup ini sepi. Saya tanya balik dong. What do you expect from this group? Apa sudah melakukan anjuran grup untuk membaca dan menulis kosakata? Jawabnya, Insya Allah Pak. Terima kasih utk Bimbinganx selalu.

Ada juga yang berkomentar bahwa tulisan tangannya semakin bagus dan terasah. Mungkin dia latihan menulis indah. Ada yang merasa lebih lancar membaca. Ada yang bertambah pengetahuan kosakatanya. Juga ada yang membalasa bahwa grup ini bagus, semoga jadi ladang pahala. Subhanallah.

Begitulah. Setiap hari, ada saja yang keluar dari grup. Saya malah anjurkan jika memang terganggu dengan notifikasi.

Grup Reading ini tentu beda dengan grup Basic Writing. Nah, yang ini nanti menyusul ulasannya.

Sudah membaca apa hari ini?


Makassar, 21 April 2020

Tidak ada komentar: